Senin, 25 Januari 2010

MEDIA GRAFIS (BAGAN DAN GRAFIK)

Webster mendefinisikan Graphics sebagai seni atau ilmu menggambar, terutama dalam menggambar mekanik, dalam bahasa yunani adalah Grafhikos yang mengandung pengertian melukiskan atau menggambarkan garis-garis., definisi trsebut di padukan dengan pengertian praktis, maka grafis sebagai media,kata-kata dan kata-kata yang di gunakan sebagai judul dan penjelasan kepada grafik, bagan, diagram , poster kartun dan komik.

1. Bagan

Istilah bagan meliputi berbagai jenis presentasi grafis seperti peta, grafis, lukisan diagram poster dan bahkan kartun. Bagan di definisikan sebagai kombinasi antara media grafis dan media foto yang di rancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur mengenai makna atau pokok gagasan, fungsi bagan adalah untuk adalah untuk menunjukkan hubungan,perbandingan,jumlah relative,perkembangan, proses dan klasifikasi dan organisasi.
Contoh daripada bagan yaitu adalah:

a. Bagan pohon

Bagan pohon dikembangkan dari dasar yang terdiriatas beberapa akar menuju batang tunggal, kemudian cabang tunggal tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungan , bagan ini amat berfaidah dalam memperjelas perkembangan daripada suatu kombinasi fakta-fakta utama.

b. Bagan alir

Merupakan kebalikan dari bagan pohon, sebagaimana industri mobil di amerika bergantung dari pemasaran luar negerinya baik akan kebutuhan bahan bakunya maupun guna pemasaran luar negerinya.baik untuk kebutuhan akan bahan bakunya maupun pemasaran hasil industrinya.

c. Bagan arus

Sebuah organisasi yang beranggotakan pelajar atau sebuah kesatuan pemerintahan, proses pengembangan kepemimpinan industri atau langkah-langkah darimana sebuah rencana undang-undang yang dapat di visualisasikan denagan bagan arus atau bagan yang cocok untuk mempertunjukkan fungsi, bagan ini merupakan bagan arus yang memperlihatkan bagaimana suatu produksi susu murni itu berlangsung.

d. Bagan tabel

Satu nilai yang unik dari bagan tabel adalah kemamapuannya dalam mempertunjukkan hubungan,variasi dari bagan ini termasuk tabel informasi semacam argumentasi dan sanggahanatas pejanjian yang berlaku.

2. Grafik

Grafis dapat di devinisikan sebagai penyajian data berangka, suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang sangat berfaedah, namun dari grafik yang menggambarkan intisari informasi sekilas akan lebih efektif,garafik merupakan keterpaduan yang lebih menarik dari sejumlah tabulasi data yang tersusun dengan baik, tujuan membuat garafik adalah untuk memperhatikan perbandingan, informasi kwalitatif dengan cepat serta sederhana. Ada beberapa macam grafik, dan yang paling umum di gunakan adalah grafik-grafik garis, batang, lingkaran,atau piring dan grafik bergambar.

a. Grafik garis

Grafik garis adalah yang paling tepat dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecendrungan-kecendrungan atau menghubungkan dua rangkaian kata.sejumlah variasi dan kombinasi dari grafik garis dapat dilukiskan, termasuk bayangan permukaan grafik dari berbagai bentuk.gambar berikut:

b. Grafik batang

Grafik batang mungkin yang paling sederhana daripada semua grafik, grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan di bandingkan relative sedikit, pada lazimnya grafik ini dibuat dengan menggunakan batang sebagai gambaran kelompok data secara vertical dan horizontal.tinggi atau panjang batang melukiskan ukuran besarnya presentase data yang di wakilinya.

c. Grafik lingkaran atau piring

Bilamana guru dapat menjelaskan dan memperkenalkan tentang pecahan, maka garafik lingkatran lebih tepat di gunakan, grafik lingkaran atau grafik piring adalah lingkaran sektor-sektor yang di gunakan untuk menggunakan bagian suatu keseluruhan,sebagai contoh berikut ini adalah grafik yang memvisualisasikan pecahan dalam bentuk tengahan, pertigaan dan perempatan..

Ada dua ciri grafik lingkaran yaitu:
a. Grafik itu selalu menunjukkkan jumlah atau keseluruhan jumlah
b. Bagian-bagiannya atau segmennya di hitung dalam presentase atau bagian-bagian pecahan keseluruhan.

Prinsip-prinsip membuat grafik

Grafik-grafik yang paling menyoroti satu atau dua gagasan , garafik ini dipergunakan pada semua grafik adalah adanya perbandingan atau hubungan, tanpa perbandingan dan hubugan yang memberikan arti sedikit sekali gunanya dalam menggambarkan statistic secara grafis.
Pemakaian garafik dalam pengajaran

Anak-anak pada umumnya telah belajar grafik dengan melihat grafik-grafik disurat kabar, majalah, buku-buku pelajaran, sehingga grafik tidak di pandang terlalu asing bagi pengalaman anak, tetapi hakikat suatu grafik adalah penyajian ringkas.
Dalam proses belajar ringkasan kwantitatif dapat digambarkan dengan baik melalui grafik.

Simpulan
1. Webster telah mendefinisikan garafics adalah sebagai ilmu pengambar, terutama penggambaran mekanik.
2. Dalam bahasa yunani grafis mengandung pengertian yaitu melukiskan atau menggambarkan garis-garis.
3. Bagan yaitu meliputi berbagai jenis yaitu diantaranya peta, grafik, lukisan, diagram,poster dan kartun.
C. Saran
1. Dalam menuntut ilmu itu niatkan mengharap ridha dari Allah,
2. Sebaiknya proses pendidikan itu disertai dengan praktek,
3. Sebaiknya system pendidikan yang sudah ada dilaksanakan secara tepat guna dan efisien serta relevan,
2. Memanfaatkan waktu untuk belajar dan belajar,
3. Meningkaatkan keserasian pendidikan dengan pembangunan,
4. Meningkatkan efektifitas dan efesiensi system penyajian dalam pendidikan,dan
5. Meningkatkan dan menegakkan pendidikan yang sebenarnya adalah suatu wujud bermutunya pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA

Sudjana, N dan Rivai, A.1990, Media Pengajaran. Bandung: Penerbit C.V.Sinar baru Bandung.
Hamalik, Oemar. 1994. Media pendididkan Bandung: penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
Arsyat Azhar.1997.Media Pengajaran Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar